Manajemen Bisnis F&B

Cara Mengelola Dapur Pusat

Dapur pusat, istilah yang banyak dikenal pemilik restoran baru-baru ini, bisa menjadi tantangan yang cukup sulit untuk dikelola.

Diketahui secara luas bahwa mengoperasikan dapur pusat dilengkapi dengan banyak masalah logistik dan organisasi untuk ditangani. Muncul dengan banyak perencanaan, investasi besar dan peralatan canggih. Pada saat yang sama, dapur pusat juga bertanggung jawab atas lebih dari satu cabang restoran, yang bisa menjadi banyak tekanan. 

Oleh karena itu, banyak manajer dapur pusat baru berjuang dalam merampingkan proses back-end mereka dan menyinkronkan dengan cabang restoran mereka. Jika Anda pernah memutuskan untuk mulai mengoperasikannya, Anda harus melengkapi diri Anda dengan tips manajemen terbaru.

Dalam artikel berikut, kami menyiapkan panduan sederhana untuk melakukannya. Berikut caranya:

1. Manajemen persediaan

Mengelola inventaris dapur pusat Anda.

Jelas, menyiapkan sistem manajemen inventaris yang efisien sangat penting dalam hal menjalankan dapur pusat yang sukses. Anda perlu diberi tahu terus-menerus ketika stok hampir habis - dan ini tidak hanya berlaku untuk dapur pusat Anda tetapi juga untuk cabang restoran Anda. 

Manajemen inventaris yang efisien akan membantu Anda mengurangi limbah dapur secara signifikan. Ini karena jumlah pembelian Anda dapat diperkirakan lebih akurat, yang kemudian akan menyebabkan lebih sedikit biaya makanan.  Sebuah studi yang dilakukan oleh Majalah Entrepreneur menegaskan hal ini, karena mereka menemukan bahwa hingga 50% dari profitabilitas dapat ditingkatkan jika bisnis menggunakan perangkat lunak manajemen inventaris.

Untungnya, dengan Food Market Hub, seluruh proses ini otomatis. Platform ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk melakukan pemesanan besar ke pemasok Anda, Anda juga dapat tetap up-to-date dengan semua bahan yang dihitung secara real time.

 

2. Mengelola karyawan Anda

Mengelola staf Anda.

Dalam membantu staf Anda untuk menyesuaikan diri dengan pengaturan dapur pusat, pelatihan yang tepat harus disediakan. Karena dapur pusat dilengkapi dengan prosedur baru dan mesin yang rumit, mereka mungkin khawatir pada awalnya. 

Memberikan pelatihan awal kepada karyawan Anda akan membantu memudahkan transisi mereka ke dapur pusat, yang pada gilirannya akan meningkatkan kepercayaan diri mereka. Mengelola karyawan Anda akibatnya akan mengarah pada kepuasan kerja yang lebih tinggi, karena moral mereka dapat dinaikkan dan peran setiap orang dikomunikasikan dengan jelas.

 

3. Tata letak optimal

Merencanakan tata letak dapur pusat Anda.

Meskipun tidak ada satu formula dalam bagaimana Anda harus mengatur tata letak dapur pusat Anda, desain terbaik adalah yang dapat mendukung alur kerja ideal operasi Anda. Namun, tata letak tersebut harus tetap fleksibel, karena Anda harus menyesuaikannya agar sesuai dengan kebutuhan di masa depan. 

Untuk katering dapur pusat, kemampuan Anda untuk mengatur ulang tata letak berdasarkan perubahan permintaan dan volume produksi sangat penting. Anda juga harus mempertimbangkan untuk menjaga meja persiapan dan peralatan tertentu tetap mobile sehingga pengaturan stasiun dapat dengan mudah diubah.

4. Memastikan kualitas dan keamanan makanan

Makanan berkualitas.

Karena dapur pusat berfungsi untuk menyiapkan makanan secara massal, ada kesalahpahaman umum bahwa kualitas makanan cenderung menurun setelah diproduksi di sana. Untuk menghindari hal ini, disarankan untuk menstandarkan resep Anda untuk produksi massal dan berinvestasi dalam peralatan dapur yang dapat menjaga kesegaran makanan Anda. 

Sekarang setelah semua persiapan makanan Anda terpusat, memastikan keamanan pangan yang konsisten tidak pernah begitu penting. Satu kontaminasi makanan dapat menyebabkan sejumlah besar rusak.

Untuk mencegah hal ini, Anda dapat mempertimbangkan beberapa tindakan pencegahan keamanan pangan seperti; Memeriksa suhu freezer dan pendingin Anda secara teratur, mengingatkan staf untuk mematuhi peraturan kebersihan dan mungkin berinvestasi dalam mesin tertentu yang akan membantu Anda menjaga keamanan makanan. 

5. Sederhanakan proses back-end Anda

Memastikan proses back-end dapur pusat Anda terintegrasi.

Dalam mengurangi kemungkinan kecelakaan atau kesalahan pemesanan, Anda harus memikirkan cara untuk menyederhanakan proses pemesanan Anda antara setiap cabang dan dapur pusat. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk berinvestasi dalam perangkat lunak yang memungkinkan Anda memantau kinerja dapur pusat dan restoran Anda dari mana saja. 

Selain itu, setiap cabang harus dapat berkomunikasi secara transparan dengan dapur pusat. Untuk memastikan hal ini, yang terbaik adalah memanfaatkan platform yang dapat berfungsi sebagai sistem komunikasi terpusat untuk semua cabang dan dapur pusat.

Untungnya, dengan Food Market Hub, Anda dapat melakukan semua hal di atas hanya dalam satu platform.

Baik situs web dan aplikasi seluler kami memungkinkan Anda untuk memusatkan semua pesanan dan komunikasi Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengintegrasikan perangkat lunak kami dengan sistem POS Anda, memungkinkan Anda untuk menjalankan dapur pusat Anda dengan lancar.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang bagaimana platform kami dapat membantu Anda mengelola bisnis F&B Anda secara efisien, baca artikel ini.

Memaksimalkan efisiensi, menghemat 15% biaya bulanan.

Ingin meningkatkan skala bisnis F&B Anda? Pesan konsultasi gratis hari ini untuk mengetahui bagaimana sistem inovatif kami dapat membantu Anda merampingkan operasi dan memaksimalkan keuntungan Anda.
Pesan Konsultasi Gratis