Manajemen Bisnis F&B

5 PEDOMAN SEDERHANA UNTUK KONTROL KUALITAS DI SETIAP DAPUR

Mengalami kesulitan masuk ke dasar-dasar kontrol kualitas di dapur Anda?

Ketika Anda berada dalam bisnis F&B, tidak ada yang lebih serius dari ini. Ini adalah proses penting yang perlu dijalani setiap dapur untuk memastikan bahwa kualitas produk Anda memenuhi standar yang konsisten dan dapat diandalkan untuk dikonsumsi. Apakah Anda baru mengenal industri F&B atau pemain mapan, berikut adalah 5 pedoman umum yang harus Anda ketahui untuk memperjuangkan kontrol kualitas saat menjalankan bisnis Anda. 

1. BAHAN

Makanan terbaik dibuat dengan bahan-bahan terbaik. Ini adalah aturan nomor satu di industri F&B dalam menciptakan tidak hanya makanan yang aman, tetapi juga menggugah selera bagi konsumen. Hanya aman untuk mengatakan bahwa titik awal terbaik untuk kontrol kualitas adalah mengelola bahan dan bahan baku di dapur Anda. Mulailah dengan membuat daftar bahan-bahan yang Anda butuhkan, lalu catat spesifikasi bahan-bahan ini. 

Spesifikasi dapat bervariasi dari waktu ke waktu, jadi pastikan untuk mendiskusikan hal ini dengan pemasok Anda. Setelah tiba, periksa silang dan dokumentasikan spesifikasi bahan seperti: nama bahan, tanggal penting, dan atribut produk penting. Alasan untuk ini adalah untuk mengkonfirmasi bahwa pemasok mempertahankan standar dan kualitas bahan mereka. Juga, jangan lupa untuk menyimpannya di fasilitas penyimpanan yang tepat.

2. PEWANGI MAKANAN

Penjamah makanan adalah sosok terpenting kedua untuk kontrol kualitas setelah juru masak. Sebagai pemberi kerja, Anda perlu memastikan bahwa karyawan Anda dilatih dengan benar dengan serangkaian keterampilan yang dibutuhkan restoran. Langkah ini akan menghemat banyak waktu produksi. Selain itu, Kementerian Kesehatan Malaysia juga telah mewajibkan penjamah makanan untuk mengikuti kursus penanganan makanan bersertifikat dan menerima vaksinasi tifoid untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit menular. Juga, jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang tepat di tempat kerja! Sistem ini memberikan jaminan dan ketenangan pikiran kepada konsumen untuk pengalaman makanan yang aman dan andal.

3. PRODUKSI

Langkah selanjutnya untuk mengontrol kualitas adalah memiliki SOP untuk produksi pangan. Untuk mempertahankan standar dan konsistensi tertentu, formulasi resep yang ditulis dengan baik harus didokumentasikan dan harus tersedia untuk diamati oleh juru masak yang ditunjuk di dapur. Food Market Hub memberikan solusi untuk masalah ini dengan fitur manajemen resep terbaru kami di mana Anda sekarang dapat mengelola dan melihat SOP selama produksi dan membuat hidangan yang konsisten pada saat yang bersamaan! Penting juga bagi dapur untuk memiliki lingkungan yang bersih dan peralatan disterilkan sebelum operasi. Selain itu, semua makanan perlu dimasak dengan suhu yang aman untuk membunuh sebagian besar jenis bakteri keracunan makanan. 

4. DALAM PROSES PEREKAMAN

Catat setiap pembelian dan lacak setiap detail inventaris untuk mencegah pembelian yang tidak perlu dan pemborosan yang mahal harus menjadi langkah terpenting untuk kontrol kualitas. Mencatat tanggal penting persediaan Anda seperti tanggal kedaluwarsa membantu mengonfirmasi dan meyakinkan tim produksi bahwa bahan-bahan yang mereka gunakan aman digunakan.

Selain itu, pencatatan dalam proses juga memungkinkan pemilik restoran untuk memaksimalkan penggunaan sumber daya mereka dan menghasilkan pendapatan paling banyak setiap hari. Food Market Hub mengotomatiskan proses pelacakan inventaris dapur Anda, jumlah bahan, dan bahkan jurnal bahan-bahan yang dibuang. Dengan mudah, aplikasi kami akan memberi tahu Anda setelah inventaris Anda perlu diisi ulang! 

Detail ini harus ditanggapi dengan serius karena perubahan atau kesalahan sederhana dapat menyebabkan produk jadi menjadi berbahaya dan tidak aman untuk dikonsumsi. Dengan sistem manajemen pengadaan dan inventaris kami, manajer dapur dapat menyerahkan pencatatan dalam proses yang merepotkan ini ke sistem kami dan fokus pada proses produksi untuk menyediakan produk dengan kualitas terbaik kepada pelanggan.

5. KEMASAN

Bakteri tumbuh dengan cepat pada suhu antara 5 °C dan 60 °C, yang dikenal sebagai zona bahaya. Untuk restoran yang menyajikan makanan prasmanan hangat, disarankan agar makanan disimpan pada suhu yang aman di atas 60 °C. Dalam hal pengiriman makanan, rasa lembut dari makanan hangat paling baik diawetkan menggunakan wadah isolasi panas sementara makanan dingin harus disimpan di pendingin sebelum dikirim ke pelanggan. 

Pengemasan yang optimal juga harus dipraktikkan di dapur pusat sebelum mengantarkan makanan ke cabang lain. Oleh karena itu, bentuk kontrol kualitas ini menjamin kepuasan pelanggan terlepas dari kondisi eksternal saat makanan dikirim. Namun, kami memahami kekhawatiran Anda dalam mengelola Central Kitchens terutama dengan dokumentasi yang berantakan dan proses pengambilan stok yang memberatkan. Oleh karena itu, Food Market Hub sekarang menawarkan Anda kesempatan eksklusif untuk mendigitalkan bisnis Anda bersama kami! Dengan sistem penghitungan inventaris dan manajemen pengadaan yang mudah digunakan, jangan khawatir lagi! Anda sekarang dapat mengelola bisnis Anda dengan mudah.

KESIMPULAN

Kontrol kualitas di setiap dapur sangat penting dalam industri F&B karena menciptakan bisnis yang memberikan produk yang memenuhi permintaan dan harapan pelanggan. Cukup mengatakan, itu memastikan produk sesuai dengan standar. Tanpa itu, produk Anda akan gagal berkembang dalam bisnis F&B.

Jika Anda bertanya-tanya di mana Anda dapat menemukan sistem di mana pengadaan dan inventaris menjadi mudah, maka mungkin Anda harus mencoba Food Market Hub!

Kami adalah sistem manajemen pengadaan dan inventaris yang terintegrasi dengan sistem POS, dan sistem akuntansi Anda juga. Jadi Anda benar-benar dapat memusatkan dan mendigitalkan semua operasi dalam satu platform. Hemat waktu dalam entri data, uraikan biaya makanan tersembunyi dan hilangkan pemborosan makanan hanya dengan menggunakan aplikasi kami hari ini! 

Masuk ke www.foodmarkethub.com untuk mengetahui lebih lanjut

Memaksimalkan efisiensi, menghemat 15% biaya bulanan.

Ingin meningkatkan skala bisnis F&B Anda? Pesan konsultasi gratis hari ini untuk mengetahui bagaimana sistem inovatif kami dapat membantu Anda merampingkan operasi dan memaksimalkan keuntungan Anda.
Pesan Konsultasi Gratis